Keunggulan Desa Sumber Jeruk

Desa Sumber Jeruk, Kecamatan Jambesari Darus Sholah, Kabupaten Bondowoso merupakan suatu desa yang memiliki banyak keunggulan atau kelebihan. Beberapa keunggulan Desa Sumber Jeruk diantaranya, yaitu :

  • Udara Segar

Kehidupan di Desa Smber Jeruk masih tergantung pada pertanian. Selain itu, banyaknya tumbuhan dan tidak adanya gedung tinggi berjejer membuat udara segar dengan bebas masuk ke celah – celah ventilasi rumah. Sehingga tanpa AC pun kita sudah mendapatkan angin segar yang alami. Hal ini merupakan salah satu keuntungan yang didapat apabila berkunjung ke Desa Sumber Jeruk.

  • Rumah Adat

Desa Sumber Jeruk terbilang sangat menjaga adat atau tradisi dari turun menurun. Seperti rumah yang kebanyakan masih dari adat mereka sendiri. Kebanyakan rumah adat disini merupakan rumah adat khas Madura. Hal ini menjadi suatu kelebihan yang di miliki desa Sumber Jeruk.

  • Biaya Hidup Yang Murah

Di desa Sumber Jeruk ,segalanya masih murah. Mulai dari tanah, bahan makanan,dan jasa semua masih lebih murah dari pada perkotaan. Meskipun masyarakat di desa ini memiliki pendapatan yang minim, namun masih bisa mencukupi biaya untuk kebutuhan sehari-hari.

  • Pertanian

Desa Sumber Jeruk  memiliki kelebihan dalam bidang pertanian, banyak masyarakat di Desa Sumber Jeruk yang menjadikan pertanian sebagai pekerjaan dan bisnis mereka. Masyarakat ada yang mengolah sendiri lahan mereka dan ada pula yang megolah lahan milik orang lain (buruh tani). Biasanya petani di desa Sumber Jeruk menanam padi, tebu, jagung, tembakau, dan sengon. Di setiap panen petani dapat langsung menjualnya ke pengepul disekitar desa.

  • Usaha Sampingan

Masyarakat di Desa Sumber Jeruk memiliki usaha sampingan dengan menjual produk – produk makanan seperti kue – kue dengan ciri khas tersendiri. Misalnya kue buidaran Rambon yang menjadi ciri khas desa Sumber Jeruk.

Leave a Reply

Skip to toolbar