Puskesmas Pembantu Sumber Jeruk

Desa Sumber Jeruk memiliki fasilitas kesehatan, yakni Puskesmas Pembantu (Pustu) Sumber Jeruk. Pustu ini terletak bersebelahan dengan Kantor Desa Sumber Jeruk. Pustu ini diketuai oleh drg. Erna Setjawati yang membawahi seorang perawat dan bidan. Pustu ini dapat melayani pasien pada hari Senin – Kamis pukul 07.00-14.00 WIB, Jum’at pukul 07.00-11.00, dan Sabtu 07.00-12.30. Pada hari minggu dan hari besar Pustu ini tidak melakukan pelayanan (libur). Setiap pelayanan di Pustu ini tidak dikenakan biaya apapun (gratis) bagi seluruh warga dengan menyertakan fotocopy KK, KTP, JAMKESMAS/ KIS/ ASKES/ JAMKESDA masing-masing 2 rangkap.

Pustu ini memiliki beberapa program yang telah disusun setiap bulannya. Beberapa program yang ada di Pustu ini yaitu Balai Pengobatan, Persalinan, KB-KIA, Imunisasi, dan Konseling Remaja. Selain itu, Pustu ini sering mengadakan penyuluhan kepada warga Desa Sumber Jeruk. Beberapa tema yang sering diangkat yaitu mengenai Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Lansia, dan Ibu Hamil. Kegiatan penyuluhan ini sering diadakan bersamaan dengan kegiatan Posyandu karena banyak warga yang hadir dalam acara tersebut.

Pustu ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap mulai dari bed pemeriksaan, alat kesehatan (stetoskop, alat ukur tinggi dan berat badan, termometer, dll), dan obat-obatan umum. Setiap hari warga yang sakit berbondong-bondong untuk memeriksakan kesehatannya disini. Pasien yang datang pun beragam mulai dari bayi hingga lansia. Dimana diakhir pemeriksaan setiap pasien diberikan obat yang tersedia cukup lengkap disini.

Selain itu, terdapat program Imunisasi Rutin yang diadakan pada minggu ke-2 setiap bulannya. Dimana disetiap Pustu diharuskan mengambil alat dan bahan untuk imunisasi di Puskesmas terdekat. Beberapa Imunisasi Rutin yang tersedia disini antara lain BCG, DPT, Hb Uniject (Hepatitis B), MR, dan Pentavalen (DPT-HB-Hib).

Leave a Reply

Skip to toolbar